Jumat, 01 Februari 2013

IMAJINASI


IMAJINASI  
By : arsil amirullah.S,Pd.I

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa: 


* IMAJINASI berarti daya pikir untuk membayangkan. 
* SASTRAWAN berartiahli sastra/ pujangga / pengarang prosa dan puisi 



Menurut Joseph Joubert, seorang penulis Prancis pernah menuliskan. IMAJINASI adalah mata sang jiwa. Jika begitu, sesungguhnya semua orange memiliki imajinasi, sebab semua orang memiliki jiwa. Bedanya adalah soal ketajaman “mata imajinasi” seseorang dalam melihat realitas hidup. 
Ketajaman itu bisa diasah. Tergantung mau atau tidak mengasahnya. Nah, bagi seniman (tentu termasuk juga sastrawan), imajinasinya harus terus terasah. Sebab, dunia seni/sastra adalah dunia yang bergelut (bahkan sangat identik) dengan dunia imajinasi itu.



Maka peran imajinasi dalam dunia sastra khususnya, menjadi sangat penting. Sebab imajinasi adalah salah satuperangkat utama dalam menulis, selain pengetahuan dan wawasan. Realitas yang kita lihat dalam hidup kesehariankita, adalah dunia fakta. Ia bisa dilihat secara langsung oleh mata-fisik kita. Namun, seorang pengarang, biasanyatak cukup memakai “mata-fisik” saja untuk melihat realitas itu. Ia harus memakai imajinasi yang dapat jugadisebut sebagai “mata jiwa.” 
Karya sastra merupakan produk masyarakat dalam bidang kebudayaan. Dan hingga kini sastra merupakan budaya yang terus dikembangkan. 
Lewat imajinasi, pengarang dapat mengungkapkan hal-hal yang di luar jangkauan pikiran antara nyata dan tak nyata yang terkadang kurang dirasakan dalam kehidupan. 
Unsur imajinasi tidak bisa dilepaskan di dalam karya sastra, misalnya pengarang ingin menggambarkan hal yang faktual dari peristiwa namun tetap saja ada unsur imajinasinya. Sastra sama dengan mimpi, walaupun tampak nyata tapi itu hanya imajinasi buah tidur. 
Misalnya ada beberapa jenis karya satra yang penuh dengan imajinasi 

2 komentar:

  1. Salam.
    Wah suka berimajinasi ya bro..?? Asal jangan imajinasi yang yang serem-serem ya...:)
    Salam.

    BalasHapus
  2. hahaha...namanya berimajinasi biasax tergntung mutx bro..
    salam kembali.

    BalasHapus